Sunday 3 November 2019

Google Umumkan Android 10, Tak Lagi Pakai Nama Dessert

Sumber : CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 15:40 WIB
Google Umumkan Android 10, Tak Lagi Pakai Nama <i>Dessert</i>  
Google mengumumkan nama OS generasi baru, Android 10. (Foto: Screenshot via Blog Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google akhirnya mengumumkan nama resmi generasi penerus sistem operasi ponselnya yakni Android 10. Alih-alih menggunakan nama makanan penutup, ini merupakan pertama kalinya Google tak menggunakan nama sesuai urutan alfabet.

Jika merunut pada penamaan Android, Google seharusnya menggunakan nama makanan penutup berawalan alfabet Q.

Padahal tradisi Google selama aini menyematkan nama makanan penutup sesuai susunan alfabet. Mulai dari Android, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollipop, Marhsmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.


Juru bicara Google kepada CNN mengungkapkan alasan di balik perubahan penamaan Android.

"Rasanya seperti waktu yang tepat untuk melakukan perubahan ini," ucapnya.

Perubahan penamaan Andorid ini disebut-sebut karena Google sulit menemukan nama makanan pembuka berawalan huruf Q.

Google Umumkan Android 10, Tak Lagi Pakai Nama <i>Dessert</i>Foto: Screenshot via Blog Google

Dalam blog resminya, Google mengakui jika penamaan sistem operasi menyanangkan, namun cara ini ternyata sulit dipahami orang dari negara-negara tertentu.

"Misalnya, L dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop keras, itu tidak jelas secara intuitif bahwa merujuk ke versi setelah KitKat," tulis  Sameer Samat, wakil manajemen produk Android.

Google mengklaim jika penamaan sistem operasi yang jelas dan dapat dihubungkan dengan semua orang di dunia sangat penting. Terlebih saat ini Android digunakan secara aktif oleh lebih dari 2,5 miliar perangkat.

"Seiring kami terus membangun Android untuk semua orang di komunitas, merek kami harus inklusif dan dapat diakses mungkin - dan kami pikir kami bisa melakukan yang lebih baik dalam beberapa cara," tulis Google.

Selain menggunakan nama baru, Google juga menampilkan logo Android yang terlihat lebih modern. Robot Android yang semula berwarna hijau kini hanya tampak bagian kepalanya saja. Sementara tulisan Android yang awalnya berwarna hijau kini berubah menjadi hitam dengan dalih agar lebih mudah dilihat.




(ndn/evn)

No comments:

Post a Comment