Monday 5 October 2020

Manfaat Kemangi bagi kecantikan dan kesehatan Tubuh

Manfaat daun kemangi memang ampuh untuk menghalau bau mulut. Karena itulah sayuran ini kerap menemani saat makan sebagai lalapan. Bahkan daun kemangi juga kerap digunakan sebagai penyedap rasa masakan. 

Kemangi (Ocimum citriodorum) adalah sejenis tanaman perdu dengan ciri khasnya pada aroma daunnya. Aroma wangi ini cukup menyengat saat daun dipatahkan. Meskipun wangi, namun daun ini memiliki rasa yang agak pahit. Tapi jangan salah, manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan sangat luar biasa. Kandungan sitral maupun minyak atsiri dalam daun kemangi ini cukup tinggi. 

Bahkan di daerah jawa tengah dan beberapa daerah, daun kemangi dijadikan campuran bahan jamu. 9 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Selain nutrisinya yang beragam, daun kemangi juga mengandung mineral penting yang sangat berguna untuk Kesehatan badan. Sayuran ini dianggap sebagai herbal yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tadisional. 

Nah, di bawah ini beragam manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya anda tahu. Mengobati Batu Ginjal Kandungan mineral dan zat aktif dalam minyak atsiri sayuran ini juga berkhasiat dalam meredakan penyakit batu ginjal. Anda bisa memakannya dalam kondisi segar sebagai lalapan atau dijadikan jus sayuran dan buah. 

Menjaga Kesehatan Jantung Daun kemangi yang kaya dengan antioksidan eugenol berguna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol serta gula darah. Karena itu mengkonsumsi lalapan sayuran ini sangat baik untuk menjaga Kesehatan jantung. 

Meredakan Malaria dan Demam Berdarah Manfaat daun kemangi lainnya yang cukup populer adalah dalam meredakan dan mengobati penyakit malaria dan demam berdarah. Anda bisa menumbuk daun kemangi dan daun cendana kemudian digunakan sebagai kompres pada dahi. Ramuan lain yang bisa dibuat adalah dengan merebus daun kemangi bersama kapulaga dengan sedikit air. 

Tambahkan madu dalam hasil rebusannya lalu diminum secara teratur. Mengatasi Sakit Batuk dan Flu Daun kemangi juga ampuh sebagai ekspektoran dalam mengencerkan lendir penderita bronkitis dan asma. Mineral dalam sayuran ini juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi sakit batuk dan flu. Untuk membuat ramuannya, Anda bisa merebus daun kemangi dan cengkeh dengan sedikit garam. Setelah matang kemudian disaring lalu minum airnya secara teratur dan rasakan manfaat daun kemangi dalam meredakan sakit batuk dan flu. Meredakan Sakit Tenggorokan Selain dapat mengharumkan nafas, mineral dalam daun kemangi juga ampuh untuk meredakan peradangan dan sakit pada tenggorokan. Minum dan ambil manfaat rebusan daun kemangi untuk hasil yang efektif. 

Meringankan Stres Sebuah penelitian menemukan adanya kandungan ‘adaptogen’ dalam daun kemangi yang bersifat anti stress. Buat anda yang ingin meringankan stress tinggal minum rebusan daun kemangi dengan ditambah campuran madu. Mencerahkan dan Merawat Kulit Wajah Manfaat daun kemangi untuk kecantikan terdapat pada zat aktifnya yang berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Tumbuk saja daun kemangi sebagai masker wajah yang nantinya akan membuat wajah lebih cerah dan segar. 

Mengatasi Masalah Jerawat Nutrisi daun kemangi bersifat antibakteri dan anti jamur mampu membersihkan darah yang kotor. Termasuk dalam mengatasi masalah jerawat. Anda bisa menggunakannya sebagai masker untuk merawat wajah berjerawat. Mengatasi Keputihan Manfaat daun kemangi juga berkhasiat untuk menangkal dan mengobati jamur penyebab keputihan. Karena daun ini memiliki senyawa eugenol. 

Untuk melakukannya tinggal makan daun kemangi segar sebagai lalapan secara rutin. Kandungan Daun Kemangi Selain enak untuk lalapan, manfaat daun kemangi juga bisa diperoleh dari kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. Kandungan daun kemangi diketahui kaya dengan kalori, protein dan karbohidrat. Kemangi juga kaya dengan mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B, dan vitamin C. 

Daun ini juga kaya serat, namun rendah lemak, sehingga baik untuk membantu program diet anda. Yang menarik, daun kemangi rupanya kaya kandungan zat antioksidan dan anti bakteri yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan maupun menangkal sejumlah penyakit. Itulah beragam manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan. Selain harganya yang murah, anda pun bisa menjadikannya lalapan yang enak ataupun direbus untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan anda. (R10/HR-Online)

download dalam format pdf https://bit.ly/2Suo1Rp

No comments:

Post a Comment